Tuesday, January 30, 2007

honesty

Dimana letak kejujuran dalam hidup kita?
Apakah itu penting ato itu hanya pelajaran agama, PPKN, ato moral lainnya yang hanya untuk diucapkan tapi tidak diterapkan?
Banyak keluhan soal pemerintah yang corrupt (corrupt itu berkaitan erat dengan kejujuran), aparat bla bla bla etc.
Padahal kenyataannya di dalam kehidupan rakyat biasa saat ini, kejujuran itu juga seperti oasis di padang pasir. Maksudnya,,, jarang bo'! Misalnya aja, berapa banyak orang berutang yang sengaja mungkir?
Tapi emang kejujuran dan sincerity itu bener2 oasis dalam arti yang sesungguhnya.......

Jadi gimana dong?Gimana supaya bisa punya pemimpin yang jujur dan tulus?kan datangnya pemimpin dari rakyat, sedangkan rakyat yang punya akses lebih gede jadi pemimpin dah banyak yang corrupt?

Saran:
#1 misalnya kita sendiri juga dah corrupt, lebih baik jangan didemonstrasikan kemana2, jangan sampai ada ucapan:' halah, ga pa pa kok ngelanggar aturan (etika). Gw dah sering ngelanggar ga pernah ditangkap kok!'.
#2 Jangan sampai junior kita berpikir etika itu cuma basa basi (walaupun misalnya jaman ini itu emang cuman basa basi). Dengan begitu setidaknya pas jaman junior itu, etika itu ga jadi basa basi lagi.
#etc

Harapan:
-gw percaya, sebenarnya masih lebih banyak yang mau dan berusaha untuk jujur. Menjaga diri dari yang haram. Ayo berjuang!!


1 comment:

bramtousai said...

kejujuran adalah sesuatu yang seringkali hanya diketahui oleh diri sendiri dan Tuhan. kejujuran bisa diterapkan secara sederhana dan blak-blakan yang biasanya dilakukan oleh anak-anak. kepolosan mereka memang tidak memungkinkan untuk mengatakan atau melakukan selain apa yang mereka tahu. itu adalah kejujuran. mengatakan apa yang memang kita tahu. tapi kejujuran dalam dunia orang dewasa seringkali tidak sesederhana itu. dasar kejujuran seorang yang dewasa bukanlah kepolosan, tapi keteguhan hati untuk memegang prinsip kebenaran.